Tips Wisata Religi Agar Kunjungan Lebih Aman dan Nyaman

Berwisata ke salah satu tempat ibadah? Mengapa tidak, tentu sensasi dan pengalaman yang diberikan akan berbeda dibanding mampir ke tempat wisata lainnya. Akan tetapi sebelum wisata religi ini dilakukan alangkah baiknya mencari informasi seputar tips wisata yang tepat sehingga bebas kesalahan. Pasalnya mengunjungi suatu tempat sakral yang digunakan beribadah atau berdoa oleh pemeluk suatu agama tentu tidak bisa sembarangan. Pahami bagaimana kiat berkunjung dengan baik supaya wisata religi ini berkesan sekaligus tidak mengusik ketenangan orang lain.

Tips Tepat untuk Mengunjungi Lokasi Wisata Religi

Di Indonesia ada banyak sekali tempat ibadah yang dianggap suci dijadikan kunjungan menarik saat berwisata. Mulai dari masjid, pura, gereja, dan bahkan candi pun menjadi destinasi menarik dan unik untuk menghabiskan waktu liburan. Simak beberapa tips ini supaya kunjungan lebih aman dan nyaman:

  • Memperhatikan pakaian yang dikenakan,

Sebagai kunjungan ke tempat ibadah yang suci dan sakral maka baiknya memilih busana yang tertutup dan sopan. Meskipun udara di sekitar terik Anda baiknya menghindari memakai pakaian kurang bahan, jika tidak ingin dianggap tidak sopan. Lewat pakaian akan membuat wisatawan atau pengelola tempat ibadah menghormati Anda.

baca juga beberapa wisata yang menarik bagi anda dan keluarga anda hanya di www.aktivitasrutin.com

  • Jangan mudah memotret secara sembarangan,

Menikmati suatu kunjungan wisata tentu akan terasa hambar jika tidak melakukan dokumentasi, lewat foto ataupun video. Namun mengingat tempat yang didatangi lebih suci dan sakral maka alangkah baiknya cermat menentukan kapan dan bagaimana memotret dengan benar. Bisa jadi malah mengganggu umat yang beribadah atau kemungkinan tidak menyenangkan lainnya. Simak tips wisata religi secara cermat untuk menghindari kesalahan, jika ingin memotret baiknya dari jarak jauh dan memakai fitur zoom pada kamera.

  • Memperhatikan kebersihan,

Memperhatikan kebersihan oleh sebagian wisatawan memang dirasa terlalu acuh, namun bedakan saat mengunjungi tempat ibadah. Mengotori area tempat ibadah ini sama saja dengan menghina agama di tempat tersebut dan bisa jadi menimbulkan masalah. Perhatikan aspek kebersihan dan buanglah sampah yang dihasilkan pada tempatnya. Jika kesulitan alangkah cerdasnya jika sejak dari rumah atau hotel sudah membawa plastik keresek untuk menyimpan sampah sementara. Setelah keluar dari area tempat wisata religi baru dibuang ke tong sampah.

  • Bersikap tenang bukannya berisik,

Ketenangan menjadi unsur penting di semua tempat ibadah, sehingga wisata religi yang dilakukan wajib untuk memperhatikannya. Biasanya Anda bisa menyewa jasa tour guide namun pastikan tetap tenang sebab jika terlalu berisik bisa mengganggu umat yang tengah beribadah. Sebab mayoritas tempat wisata religi memang masih dipakai untuk beribadah, kecuali untuk candi yang tentunya murni untuk dijadikan obyek wisata bersejarah. Intinya masuk ke tempat wisata religi perlu menjaga sopan santun, cari tahu tips wisata lebih banyak agar tetap nyaman dan menikmatinya.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *