Ulasan Seputar Jenis dan Tips dalam Merawat Bola Futsal

Selain sepak bola, ada permainan lain yang gemar dilakukan oleh pria yaitu futsal. Pada dasarnya futsal adalah sepak bola yang dilakukan oleh pemain yang lebih sedikit dan tempat yang lebih kecil di dalam ruangan atau indoor. Sama seperti sepak bola, futsal juga memerlukan bola agar permainan tersebut bisa dilakukan. Karena hal tersebut, Anda harus memilih jenis bola futsal yang tepat dan merawatnya agar bisa digunakan lebih lama atau lebih awet.

Terdapat 2 jenis bola yang dipergunakan untuk futsal berdasarkan pada cara pembuatannya, yaitu:

  • Bola jahit yang menggunakan cara manual untuk menjahit bagian luar bola tersebut. Bola untuk futsal ini empuk dan lembut sehingga enak untuk ditendang ataupun disundul. Akan tetapi, jenis bola ini mudah rusak jika ditendang terlalu keras sebab jahitan bisa terbuka dan bola jebol.
  • Bola press dengan cara di press untuk membuat lapisan luarnya. Bola press memiliki keawetan yang tinggi walaupun dipergunakan berkali-kali dalam waktu lama dan ditendang dengan keras.

Baik untuk menjaga agar bola futsal yang dibuat baik dengan cara dijahit atau dengan di press agar bisa lebih awet dan tahan lama untuk dipergunakan, ada beberapa cara yang bisa dipergunakan. Pertama adalah dengan membersihkan bola. Setiap kali Anda selesai menggunakan bola untuk bermain futsal, sebaiknya Anda membersihkannya misalnya dengan mengelap menggunakan lap basah lalu segera dikeringkan. Bola tersebut dibersihkan agar kotoran tidak mudah untuk masuk ke dalam pori bola dan agar tidak membuat bola terlalu kotor yang bisa mempengaruhi kenyamanan dan pergerakan bola. Saat membersihkan bola, hindari untuk tidak merendam bola sehingga kotoran dan air tidak semakin masuk ke bola.

 Baca Juga: PUMA HADIRKAN SEPATU BOLA RASA LAUT

Kedua adalah dengan menjaga bola dari kelembaban. Jaga agar bola untuk futsal tidak terlalu basah sebab selain kotoran dan air bisa semakin masuk ke dalam bola, hal tersebut juga bisa membuat lapisan luar bola menjadi mengelupas. Karena hal tersebut, jika bola basah maka sebaiknya langsung dikeringkan. Untuk menyimpannya, hindari untuk menaruh bola begitu saja di lantai dan sebaiknya di gantungkan dengan menggunakan jaring bola agar bola tersebut mendapat angin yang bisa menjaga tingkat kelembaban bola apalagi jika bola tersebut baru saja dibersihkan dan dicuci.

Ketiga adalah hindari menindih. Jangan menggunakan bola futsal untuk tempat duduk Anda ataupun menindih bola tersebut dengan menggunakan barang berat. Hal tersebut disebabkan tekanan yang diterima oleh bola yang dipergunakan untuk bermain futsal tersebut bisa menyebabkan bola menjadi penyok sehingga bisa mempengaruhi kondisi bola. Akibatnya, bola bisa saja berbelok atau tidak tepat sasaran padahal Anda sudah benar dalam menendang dan mengarahkan bola tersebut ke gawang.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *