Uji Coba Riding Yamaha Jupiter di Jakarta

Kali ini kita akan mencoba test ride untuk Yamaha Jupiter MX 135. Yup, ini merupakan varian motor bebek dari Yamaha yang menggunakan kopling, dan tentunya kapasitas mesinnya adalah 135 CC dengan 5 kecepatan atau gigi. Track yang akan dicoba adalah jalanan lurus yang sepi.

Pada depan bawah terdapat kunci kontak untuk menyalakan motor ini. Pada depan kanan terdapat starter. Kemudian, indicator speedometer tepat berada di tengah, dan masih menggunakan analog, di mana terdapat indikator kecepatan, indikator bensin, dan indikator olinya, akan tetapi tidak ada indikator RPM karena motor MX 135 ini adalah motor bebek. Lampu dari speedometer-nya juga berwarna merah. Untuk kontak lampu terdapat di sebelah kiri, baik lampu jarak dekat maupun jarak jauh.

Baik, kita mulai pada posisi joknya. Pada posisi duduk cukup terasa nyaman dengan jok yang rata dan lurus. Berbeda dengan kopling di mana joknya menunduk, baik itu Vixion, Thunder, dan lain-lain. Motor ini dengan 5 kecepatan dirasa sangat bagus. Untuk larinya lumayan kencang dibanding motor bebek biasa, responsif juga. Pada perpindahan giginya, motor ini dirasa cukup nyaman karena pernelingnya bisa seperti bebek (diinjak pakai tumit) maupun dengan cara kopling, yaitu dicongkel. Untuk remnya, depan belakang sudah rem disk atau cakram tapi belum ada ABS, dan ada kick starter juga. Dari segi handling, apabila kita berbelok ke kanan maupun ke kiri masih enak dan mudah. Buat kalian yang baru ingin belajar menggunakan kopling, kalian bisa menggunakan Yamaha Jupiter MX 135 ini, atau yang sejenisnya seperti Supra GTR dan lainnya, yang notabene bodinya tidak terlalu besar. Karena dari posisi riding, semuanya sama dengan bebek, hanya tangan kiri kalian yang mulai bermain menggunakan kopling.

Akselerasinya sendiri memang lumayan mantap dibanding dengan motor bebek, karena ia mempunyai kopling yang bisa kita atur. Pada gigi 3, kecepatannya sudah mencapai 70 km/jam. Rincian akselerasinya sendiri yaitu gigi 1 hingga 45 km/jam, gigi 2 hingga 65 km/jam, gigi 3 hingga 85 km/jam, gigi 4 95 km/jam, dan untuk top speed-nya dapat mencapai 120 km/jam. Ya, motor ini dirasa cukup mantap untuk melakukan akselerasi. Untuk posisi duduk, kalian disarankan untuk tidak terlalu maju ke depan, melainkan kalian harus agak mundur dan menyesuaikan dengan posisi L. Pada segi bahan bakar, dengan 1 liter BBM, ia mampu melaju sampai 47,7 km.

Pada bagian spesifikasinya, dari segi tipe mesin, ia menggunakan 4 Valve SOHC berpendingin cairan, menggunakan sistem starter elektrik maupun kick starter, sistem pelumasannya basah, kapasitas olinya sebesar 1,15 liter, menggunakan karburator untuk sistem pembakarannya, bertipe kopling manual basah dengan pola pengoperasian transmisi 1-N-2-3-4-5. Pada bagian sasis atau rangkanya, ia menggunakan rangka diamond, bersuspensi depan teleskopik, dan suspense belakang monocross lengan ayun, kemudian ukuran ban depan adalah 70/90 dan ukuran ban belakang adalah 100/70. Pada segi dimensi, ia mempunyai panjang x lebar x tinggi sebesar 1960 mm x 695 mm x 1080 mm dengan jarak sumbu rodanya sebesar 1245 mm dan jarak terendah ke tanah sepanjang 140 mm. Untuk berat motornya sendiri adalah sebesar 109 kg. Ia juga memiliki kapasitas bensin sebanyak 4 liter.

Pada varian warnanya dari Jupiter MX 135 ini, Yamaha menawarkan 5 pilihan warna, yaitu biru, hitam, putih hitam orange, merah, hitam biru.

Baca juga di siniĀ https://review.bukalapak.com/amp/auto/ini-bebek-sport-135-150-cc-dari-yamaha-jupiter-mx-dan-mx-king-41683

Sumber gambar: duckduckgo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *