Masih Ingat 5 Mainan Tradisional ini? Masa Kecil Anda Penuh Kebahagiaan

Tak dapat dipungkiri jika masa kecil menjadi masa-masa indah yang paling menyenangkan. Anda bisa bebas bermain bersama teman-teman anda tanpa mengenal waktu. Mungkin masa kecil yang sudah anda lalui berbeda dengan masa kecil anak-anak zaman sekarang. Saat ini kebanyakan anak kecil lebih menyukai gadget. Padahal ada banyak permainan-permainan seru yang bisa membuat masa kecil menjadi tidak terlupakan. Jika anda masih ingat 5 mainan tradisional ini, mungkin masa kecil anda penuh dengan kebahagiaan.

Masih Ingat 5 Mainan Tradisional ini? Masa Kecil Anda Penuh Kebahagiaan

  • Kelereng Atau Gundu

Bisa dikatakan jika permainan ini menjadi primadona bagi anak laki-laki. Rasanya hampir setiap anak laki-laki pasti memiliki kelereng atau gundu. Untuk memainkan permainan ini anda hanya perlu untuk menyentil kelereng anda hingga tepat mengenai sasaran. Jika kalah maka anda harus rela menyerahkan kelereng yang anda miliki. Permainan ini akan terasa lebih asyik saat dimainkan di tanah.

  • Lompat Tali

Jika kelereng sering dimainkan anak laki-laki, berbeda dengan lompat tali yang kebanyakan sering dimainkan anak perempuan. Dalam permainan lompat tali, hal yang dibutuhkan karet dan dirangkai menjadi tali. Satu persatu pemain akan melompatinya dari posisi rendah hingga tinggi. Dalam permainan ini, hal yang terpenting jangan sampai saat melompat anda mengenai tali karet tersebut.

  • Engklek

Permainan ini juga sering dikenal sebagai tapak gunung. Sama halnya dengan lompat tali, mainan tradisional ini juga sering dimainkan anak perempuan. Dengan bermodal batu atau gacoan, pemain harus melompati dari satu kotak menuju kotak lainnya hanya menggunakan satu kaki. setelah itu pemain harus mengambil gacoan tersebut dengan cara berjongkok dan menghadap ke belakang namun tidak sampai menyentuh garis yang telah dibuat. Masih ingat cara memainkannya?

  • Bentengan

Permainan seru ini dilakukan oleh kelompok. Bagi anda yang pernah memainkan ini di masa kecil tentunya hal ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Mainan tradisional ini adalah permainan dimana satu kelompok harus menjaga markas yang dibuatnya dari tiang (benteng) dari kelompok lainnya. Jika sampai salah satu anggota sudah disentuh anggota lawannya, maka otomatis orang tersebut menjadi tawanan yang harus dibebaskan oleh teman sendiri. Kelompok yang menang merupakan kelompok yang berhasil memegang markas atau benteng lawannya.  

Permainan ini membutuhkan 2 buah bamboo setinggi 2-3 meter yang diberi pijakan kaki. permainan ini memang membutuhkan keseimbangan agar jangan sampai jatuh ketika permainan. Biasanya permainan egrang ini digunakan sebagai kompetisi lomba lari. Siapa yang cepat menuju garis finish tanpa jatuh adalah pemenangnya.

Nah itu tadi beberapa mainan tradisional masa kecil yang mungkin membuat kenangan yang tak terlupakan. Tak ada salahnya jika tetap menjaga agar permainan ini tidak lekang dimakan zaman. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *